Upacara Api Unggun

 NARASI UPACARA API UNGGUN

Di kala senja telah tiba, menjelang malam yang penuh dengan bintang bertaburan di langit, purnama menampakan wajah nan indah menawan, sebuah karya Sang Pencipta Yang Maha Agung.

Ketika terdengar panggilan peluitala, yang menggema memenuhi arena upacara peserta berhambur menuju titik pusat persaudaraan, membentuk lingkaran persaudaraan yang erat, untuk melakukan upacara adat pramuka, Api unggun pengobar semangat Ksatria.

( PARA PESERTA MEMBENTUK BARISAN LINGKARAN YANG BERPUSAT PADA TUMPUKAN KAYU )

Pandu sejati praja muda karana satukan tekatmu tuk menggalang persatuan, persaudaraan, dengan memegang erat, bergandengan tangan.

Kiranya kakak Pembina...........................................................berkenan untuk maju tiga langkah.

Sebagai awal pembuka upacara ini, marilah kita saling memberikan salam hormat, sebagai pertanda keakraban persaudaraan di antara kita.

( PEMIMPIN UPACARA MEMIMPIN PENGHORMATAN )

Pemimpin upacara yang dipercaya memimpin upacara adat ini untuk menyampaikan laporan.

( Pemimpin upacara MAJU TIGA LANGKAH UNTUK LAPORAN )

Wahai para, pusatkan perhatianmu, untuk kobarkan semangat janji dan moral pramuka, dengan menyalakan obor, api pengobar semangat.

( PEMBAWA OBOR LARI MAJU DAN SALAH SATU MEMINTA API PADA PEMBINA UPACARA )

Satu obor telah menyala, melangkah menuju lingkaran, untuk mengobarkan semangat Api Dasa darma, sepuluh kebenaran sebagai moral Pramuka, penuntun tingkah laku berkumandang di angkasa.

Pramuka itu : Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, Patriot yang sopan dan Ksatria, Patuh dan suka bermusyawarah, Rela menolong dan tabah, Rajin trampil dan gembira, Hemat cermat dan bersahaja, disiplin berani dan setia, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Sepuluh obor telah menyala, membakar semangat janji dan moral Pandu Ksatria, untuk mengemban tugas mulia, dengan semboyan Satya Ku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan.

Api Unggun telah menyala,...........! Api Unggun Telah Menyala,....................! Api Unggun Telah menyala.........................!

Api kita sudah menyala , api Kita sudah menyala Api....,api...., api, api,api,.... Api kita sudah menyala. dst.

(PEMBINA DAN PESERTA MENYANYIKAN LAGU API SUDAH MENYALA, PARA PETUGAS PEMBAWA OBOR LARI MELINGKAR DAN KEMBALI KE BARISAN )

Amanat pembina upacara,

Laporan pratama,

Penghormatan,

Pemimpin Upacara kembali kebarisan,

Dilanjutkan pentas spontanitas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKK PRODUKSI - PENGENDALIAN MUTU

Mengenal Jaringan FTTH (Fiber to the Home)